Mengenal Apa itu VPS, Cara Kerja, dan Kegunaannya 

Untuk orang yang sudah berkecimpung lama dalam dunia pembuatan atau mengolah website tentu tidak asing dengan VPS (virtual private server). Namun untuk orang yang baru akan memiliki website akan merasa kurang paham mengenai apa itu VPS dan bagaimana cara kerjanya, juga apa kegunaannya.

Jika bisa memahami cara kerja VPS, tentunya akan memberitahu seberapa besar manfaat dan apakah membutuhkan hosting satu ini atau tidak. Baik untuk website sekolah, membuat game, membangun jaringan atau lainnya.

Apa itu VPS? Begini Penjelasan Lengkapnya!

VPS atau virtual private server merupakan server virtual yang dipakai oleh beberapa pengguna, namun sumber dayanya terdedikasi. Yang artinya masing-masing pengguna mempunyai resource pribadi jadi tidak akan terganggu satu sama lainnya.

Gampangnya adalah meskipun tinggal di satu tempat namun setiap orang mempunyai kamar tersendiri. Untuk fasilitas yang ada di dalamnya pun bisa dikelola secara mandiri.

Bagaimana VPS Bekerja? Simak Penjelasannya Berikut Ini!

Layaknya konsep apartemen, VPS merupakan satu server fisik yang dipecahkan menjadi beberapa server virtual lebih kecil. Dimana setiap pecahan server ini berjalan sendiri-sendiri sesuai kebutuhan pemilik. Dalam server virtual ini bisa menyimpan beragam file contohnya data website, data aplikasi dan lainnya.

Karena cara kerja VPS yang dedicated, performa situs tentu tidak akan memengaruhi atau terpengaruh masalah karena pengguna lain. Konfigurasi server pun bisa diatur sendiri. Selain itu terdapat banyak kelebihan yang akan dirasakan jika menggunakan VPS ini.

  • Bebas memilih sistem operasi server sesuai kemampuan teknis dan kebutuhan website.
  • Lebih leluasa dalam menentukan jenis panel kontrol.
  • Mempunyai root access untuk mengubah beragam pengaturan server hosting.
  • Mendapatkan dedicated IP, dengan begitu reputasi website tidak akan terpengaruh situs lain.
  • Konfigurasi keamanan bebas diatur sendiri untuk mendapatkan keamanan lebih ketat dan sesuai keinginan.

Selain memiliki kelebihan, VPS juga memiliki kekurangan seperti membutuhkan pengetahuan dan kemampuan teknis kuat. Selain itu dari segi harga juga relatif lebih mahal dibandingkan dengan jenis hosting lainnya.

6 Kegunaan dari VPS yang Perlu Diketahui

Jika sudah tahu apa itu VPS dan cara kerjanya, tentunya ingin tahu kegunaan dari VPS ini untuk apa saja bukan? Nah berikut ini beberapa kegunaan dari VPS selain sebagai tempat penyimpanan.

1. Web Hosting

Untuk yang mempunyai situs dengan traffic tinggi, maka VPS cukup untuk dijadikan web hosting. Pengaturan website pun akan jadi lebih fleksibel karena bisa diatur sendiri. Mulai dari keamanan, sistem operasi, dan lainnya.

2. Menyimpan File Perusahaan/Pribadi

Risiko kehilangan data tentunya selalu ada di perusahaan atau pribadi. Untungnya VPS bisa dijadikan tempat backup file, terlebih ruang penyimpanan dalam VPS ini cukup luas.

3. Gamer Server

Adanya VPS juga memungkinkan membangun game server sendiri. Ini dikarenakan VPS biasanya menjanjikan kualitas hebat dari sisi processor, penyimpanan, sampai recourse.

4. Layanan VPN

Selain itu VPS juga bisa digunakan untuk membuat VPN atau jaringan pribadi di server VPS. Jangan khawatir karena aman dan bisa diakses oleh member perusahaan atau pihak ketiga tertentu saja.

5. Server Percobaan

Bagi yang suka mengembangkan aplikasi, maka VPS bisa dijadikan server percobaan mulai dari mengembangkan sampai menguji aplikasi.. Ini dikarenakan dengan menggunakan VPS maka bisa membuat ruang-ruang eksperimen di dalamnya.

6. Remote Desktop

Menggunakan VPS maka bukan hal mustahil untuk mengakses komputer dari jarak jauh. Dimana pun lokasi, VPS memungkinkan bisa dikendalikan komputer secara remote.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian VPS, cara kerja dan bagaimana penggunaannya. Jika ingin memanfaatkan VPS maka pastikan bahwa benar-benar memang butuh.

Chat dengan kami melalui WhatsApp